Ketahui Jenis Susu Formula Bayi dan Cara Memilih Susu Bayi yang Baik

Cara Memilih Susu Bayi yang Baik

Semua produk yang dilabeli sebagai susu bayi yang baik dan dijual oleh pengecer terkemuka di Indonesia memenuhi standar Indonesia dan aman untuk memberi makan bayi Anda. Tetapi memilih susu formula yaitu susu bayi yang baik untuk memberi makan bayi Anda bisa membingungkan dan Anda mungkin merasa kewalahan dengan varietas yang ditawarkan.

Panduan Kami untuk Susu Bayi yang Baik akan Membantu Anda Memilih Jenis yang Tepat untuk Bayi Anda.

Apa Jenis Susu Formula yang Ada?

Ada Empat Jenis Formula Susu Bayi yang Baik:

  • susu formula berbasis sapi
  • susu formula berbasis kambing
  • formula protein terhidrolisis
  • formula berbasis kedelai

Formula Berbahan Dasar Susu Sapi

Sebagian besar susu formula bayi didasarkan pada susu sapi yang dimodifikasi, yang direkomendasikan daripada jenis formula lain untuk sebagian besar bayi. Anda juga bisa mendapatkan formula khusus yang diproduksi untuk bayi prematur.

Protein yang ada di dalam susu dapat dipecah-pecah menjadi dadih dan kasein. Kasein kental dan air dadih berair. Rasio kasein terhadap air dadih dapat bervariasi sesuai dengan jenis susu formula bayi. Ada dua jenis utama:

Formula Tahap Pertama

Susu ini sebagian besar didasarkan pada air dadih, dengan rasio kasein: aidr dadih 40:60, yang hampir sama dengan ASI. Mereka cocok untuk bayi Anda sejak lahir hingga sekitar satu tahun, dan dianggap lebih mudah dicerna bayi Anda daripada susu berbasis kasein.

Formula Bayi Tahap Kedua, Lanjutan atau Lapar

Susu ini sebagian besar terdiri dari kasein, dengan rasio kasein: air dadih 80:20. Produsen mengklaim bahwa kandungan kasein yang lebih tinggi berarti susu membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, membuat bayi Anda lebih kenyang lebih lama.

Bayi Anda hanya membutuhkan formula tahap pertama untuk mendapatkan semua nutrisi yang ia butuhkan. Tidak ada bukti bahwa formula lanjutan memiliki kelebihan dibandingkan formula tahap pertama. Meskipun banyak produsen susu formula memasarkan susu tahap kedua mereka sesuai sejak lahir, konsentrasi kasein yang lebih tinggi berarti bahwa bayi yang masih kecil mungkin akan mengalami kesulitan mencerna susu. Jadi yang terbaik adalah tidak memberikan formula seperti ini kepada bayi kecil.

Jika bayi Anda sepertinya tidak puas dengan formula yang pertama kali Anda gunakan, bicaralah dengan perawat kesehatan anak atau dokter umum Anda sebelum mengganti formula.

Saat bayi Anda berusia satu tahun, Anda dapat memindahkannya dari susu formula ke susu sapi berlemak penuh. Susu sapi tidak direkomendasikan sebagai minuman utama untuk bayi di bawah usia satu tahun karena lebih rendah zat besi dan nutrisi, seperti vitamin E dan zat besi, dan mengandung terlalu banyak nutrisi lain, seperti protein, natrium, dan kalium. Tetapi Anda dapat menggunakan sedikit dalam memasak atau menyiapkan makanan untuk bayi Anda ketika ia berusia enam bulan atau lebih dan sudah mulai makanan padat.

Formula Berbasis Susu Kambing

Susu formula bayi kambing dan susu susunya tersedia untuk dibeli di Indonesia. Mereka diproduksi dengan standar nutrisi yang sama dengan susu formula sapi. Susu formula bayi kambing dan formula lanjutannya bukan alternatif yang cocok untuk susu formula bayi untuk bayi yang alergi terhadap protein dalam susu sapi. Ini karena protein dalam susu sapi dan kambing sangat mirip sehingga bayi yang alergi kemungkinan bereaksi terhadap susu kambing juga.

Bayi dan anak-anak dengan alergi susu sapi dapat masuk ke anafilaksis setelah meminum susu kambing, jadi sebaiknya dihindari dalam keadaan ini, kecuali jika seorang profesional kesehatan menyarankan Anda sebaliknya.Tidak ada bukti bahwa susu formula kambing dapat membantu melindungi bayi Anda dari alergi.

Saat bayi Anda berusia satu tahun, Anda dapat memindahkannya dari susu formula kambing ke susu kambing. Susu kambing tidak direkomendasikan sebagai minuman utama untuk bayi di bawah usia satu tahun karena lebih rendah nutrisi dan mineral, seperti zat besi. Tetapi Anda bisa menggunakan sedikit dalam memasak atau menyiapkan makanan untuk bayi Anda ketika ia berusia enam bulan atau lebih, dan sudah mulai makanan padat.

Formula Terhidrolisis Protein

Ada dua versi susu terhidrolisis yang tersedia:

Formula Sepenuhnya Terhidrolisis

Formula yang dihidrolisis sepenuhnya, juga disebut formula yang dihidrolisis secara luas, dirancang khusus untuk bayi dengan alergi atau intoleransi terhadap susu sapi. Ini tidak cocok untuk bayi dengan alergi parah (anafilaksis) terhadap susu sapi dan harus digunakan hanya di bawah pengawasan medis.

Jika bayi Anda menderita alergi susu sapi, protein dalam ASI akan menyebabkan reaksi alergi. Dan jika dia tidak tahan terhadap susu sapi, dia akan kesulitan mencerna gula, yang disebut laktosa, dalam susu.

Susu formula yang sepenuhnya dihidrolisis didasarkan pada susu sapi dan memiliki nilai gizi yang sama dengan susu formula standar. Tetapi protein dalam ASI dihidrolisis, yang berarti dipecah sehingga bayi Anda cenderung bereaksi terhadapnya. Susu ini juga umumnya bebas laktosa, sehingga bayi yang tidak toleran terhadap susu sapi dapat mencernanya dengan mudah.

Jika Anda pikir bayi Anda alergi susu sapi atau tidak toleran, selalu temui dokter atau perawat kesehatan anak Anda sebelum mengganti susu bayi Anda. Jika dokter spesialis mendiagnosis bayi Anda alergi terhadap protein susu sapi dan protein kedelai, dokter Anda dapat meresepkan formula protein sepenuhnya terhidrolisis. Tetapi jika bayi Anda hanya tidak toleran terhadap susu sapi

Formula Terhidrolisis Sebagian

Susu formula jenis ini dibuat sepenuhnya dari protein whey, dan kadang-kadang disebut susu yang menenangkan. Ini dipasarkan sebagai lebih mudah dicerna, dan cocok untuk bayi yang menderita sakit perut, angin dan perut. Kadang juga dipromosikan sebagai baik untuk bayi dengan atau berisiko alergi.

Tetapi tidak ada bukti kuat bahwa susu ini lebih mudah dicerna. Dan itu tidak cocok untuk bayi dengan alergi susu sapi, karena tidak semua protein susu dalam susu yang dihidrolisis sebagian telah dipecah. Jika Anda berpikir bahwa bayi Anda mungkin mengalami alergi susu, bawalah ia ke dokter umum.

Seperti halnya formula yang sepenuhnya terhidrolisis, tidak ada bukti kuat bahwa formula yang dihidrolisis sebagian dapat membantu mencegah bayi Anda menderita asma, eksim, alergi makanan, atau hayfever.

Formula Berbasis Kedelai

Formula berbahan dasar kedelai dibuat dari kacang kedelai. Ini dimodifikasi dengan vitamin, mineral, dan nutrisi untuk membuatnya cocok untuk susu formula.

Anda dapat memilih formula berbahan dasar kedelai untuk bayi Anda karena alasan budaya, agama atau medis. Tetapi dapatkan nasihat dari dokter, perawat kesehatan anak atau dokter anak terlebih dahulu. Meskipun produsen memasarkan formula kedelai mereka sebagai cocok untuk bayi sejak lahir, para profesional kesehatan tidak merekomendasikan mereka untuk bayi di bawah enam bulan, atau untuk bayi prematur.

Formula kedelai juga tidak dianjurkan jika bayi Anda alergi terhadap susu sapi. Hingga enam dari 10 bayi yang sensitif terhadap susu sapi juga sensitif terhadap kedelai. Dan tidak ada bukti bahwa susu formula kedelai dapat membantu melindungi bayi Anda dari alergi. Jika Anda seorang vegan, atau memberi bayi Anda makanan vegan, dan tidak menyusui secara eksklusif, disarankan agar Anda menggunakan formula berbasis kedelai sampai dia berusia dua tahun, dengan saran dari ahli gizi.

Kedelai mengandung bahan kimia yang disebut fitoestrogen, yang mirip dengan hormon seks wanita estrogen. Para ahli prihatin bahwa fitoestrogen ini dapat mempengaruhi perkembangan reproduksi pada bayi yang hanya minum susu formula kedelai, meskipun buktinya beragam. Bayi mengonsumsi fitoestrogen dalam jumlah yang jauh lebih tinggi daripada anak-anak yang lebih tua dan orang dewasa yang mengonsumsi produk-produk berbasis kedelai sebagai bagian dari makanan yang bervariasi.

Jika Anda memutuskan untuk memindahkan bayi Anda ke susu kedelai setelah ia berusia enam bulan, berhati-hatilah dengan pertumbuhan giginya. Susu formula kedelai dapat merusak gigi bayi Anda dari waktu ke waktu, karena mereka sering dimaniskan dengan sirup glukosa.

Formula Bayi Khusus

Ada formula khusus bayi yang dapat Anda beli yang mengklaim untuk membantu mencegah bayi Anda terserang alergi atau eksim. Ini termasuk susu bayi yang baik formula dan formula berbasis asam amino (dengan unsur) dengan probiotik atau prebiotik. Tidak ada cukup bukti pada tahap ini untuk merekomendasikan penggunaannya.

Anda juga dapat membeli formula yang mengklaim mencegah refluks. Ini mengandung pengental berbasis sereal dan hanya boleh digunakan di bawah pengawasan medis. Sistem pencernaan bayi Anda belum cukup matang untuk mengatasi sereal sampai ia berusia sekitar enam bulan. Tidak ada bukti kuat bahwa formula anti-refluks sebenarnya membantu dengan diagnosa refluks. Dan jika bayi Anda minum obat-obatan tertentu, ia tidak boleh minum susu formula anti-refluks. Dokter atau perawat kesehatan anak Anda dapat memberi tahu Anda jika Anda merasa bayi Anda mengalami refluks.

Formula Manakah yang Paling Dekat dengan ASI?

ASI mengandung banyak komponen unik dan organisme hidup, sehingga tidak mungkin untuk ditiru di laboratorium atau pabrik. Jadi tidak ada susu formula yang dapat mendekati ASI.

Juga, untuk memenuhi standar Australia, semua susu formula bayi harus mengandung bahan yang sangat mirip satu sama lain. Jadi akan sulit bagi produsen untuk mengklaim bahwa susu formula lebih dekat dengan ASI daripada susu formula lainnya.

Apakah Ada Alasan Saya Harus Mengganti Jenis Rumus?

Para ahli mengatakan bahwa mengubah jenis susu formula bayi Anda jika ia mengalami ruam ringan atau gelisah biasanya tidak membantu.

Jika Anda berpikir bayi Anda alergi atau tidak toleran terhadap susu formula yang diminumnya, atau jika Anda mengira dia menderita refluks atau kondisi lain, bicarakan dengan dokter atau perawat kesehatan anak Anda untuk mendapatkan nasihat sebelum berganti merek. Banyak klaim yang dibuat oleh produsen formula tentang formula lanjutan, formula kental, formula anti-refluks dan formula ramah alergi tidak didukung oleh bukti kuat. Dan mungkin ada alasan lain mengapa bayi Anda tidak tenang atau tidak menyusu dengan baik.

Jika Anda memutuskan untuk mengubah formula yang Anda gunakan, Anda mungkin mendapati bayi Anda melewati beberapa hari transisi. Misalnya, Anda mungkin melihat perubahan warna, konsistensi, bau, atau frekuensi kotorannya karena sistem pencernaannya menyesuaikan dengan formula baru.

Dan jika Anda mengganti susu formula bayi Anda, berhati-hatilah untuk mengikuti instruksi dan menggunakan sendok ukur yang datang dengan susu formula baru. Menggunakan terlalu banyak bubuk bisa membuat bayi Anda mengalami sembelit.

Susu Formula Apa yang dibutuhkan Bayi Saya yang Lebih Tua?

Beberapa susu formula dipasarkan untuk bayi sejak enam bulan karena mengandung zat besi yang lebih tinggi, yang dibutuhkan bayi yang sedang tumbuh. Tetapi susu ini tidak diperlukan secara nutrisi karena susu tidak menawarkan keuntungan nyata dibandingkan susu formula standar.

Bayi Anda masih akan mendapatkan zat besi dan nutrisi lain yang ia butuhkan dari susu formula normalnya, yang selanjutnya bisa Anda tambahkan dengan makanan padat saat ia bertambah tua. Jika bayi Anda senang dengan ASI atau susu formula yang biasa, tidak perlu beralih.

Susu yang dipasarkan untuk Bayi yang Lebih Tua Meliputi:

Susu Lanjutan

Ini adalah susu dengan kandungan protein dan mineral yang lebih tinggi daripada susu formula bayi biasa. Mereka dijual sesuai untuk bayi dari usia enam bulan. Susu susulan diiklankan lebih bergizi daripada susu sapi, karena mengandung tambahan zat besi, vitamin, dan mineral.

Tetapi penelitian belum menemukan manfaat yang jelas untuk bayi. Perbandingan dengan susu sapi juga menyesatkan, karena susu sapi tidak direkomendasikan sebagai minuman untuk bayi di bawah satu tahun.

Jadi, jika bayi Anda sehat, ia tidak membutuhkan susu tambahan kecuali dokter Anda secara khusus merekomendasikannya.

Susu Selamat Malam

Ini adalah susu lanjutan dengan sereal tambahan, yang dipasarkan sebagai membantu bayi tidur lebih nyenyak di malam hari. Tidak ada bukti, bagaimanapun, bahwa mereka membantu bayi untuk menetap di malam hari atau bahwa mereka membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna.

Jika bayi Anda berusia di bawah enam bulan, jangan berikan susu selamat malam padanya. Ini karena sereal tidak cocok untuk bayi yang lebih muda.

Susu Pertumbuhan atau Balita

Susu pertumbuhan dipasarkan lebih baik daripada susu sapi karena mengandung tambahan zat besi dan vitamin dan mineral lainnya. Mereka dipromosikan untuk digunakan untuk bayi dari sekitar satu tahun.

Tetapi jika bayi Anda sehat, susu pertumbuhan tidak diperlukan. Setelah bayi Anda berumur satu tahun, ia dapat memiliki susu sapi penuh lemak sebagai minuman utamanya, di samping berbagai makanan padat. Ini harus memberinya semua vitamin dan mineral penting yang dia butuhkan.

Jika anak Anda sehat dan mencoba berbagai makanan, ia tidak perlu susu tumbuh. Meskipun susu tumbuh-tumbuhan telah menambahkan nutrisi, mereka juga tinggi gula. Ini bisa merusak gigi dan kesehatan anak Anda dalam jangka panjang. Jika Anda tidak yakin tentang pemberian suplemen bayi atau susu pertumbuhan Anda, bicarakan dengan dokter Anda.

Berapa Biaya dan Waktu Persiapan Susu Formulauntuk Susu Bayi yang Baik?

Susu formula memang membutuhkan waktu untuk persiapan. Tergantung pada metode sterilisasi dan jenis formula yang Anda gunakan, membuat satu botol bisa memakan waktu sekitar 30 hingga 40 menit. Jadi, jika Anda memberi bayi Anda enam botol sehari, bisa memakan waktu hingga empat jam sehari untuk menyiapkan susu formula bayi Anda.

mensterilkan beberapa botol sekaligus, dan meninggalkan semua peralatan di steriliser Anda sampai Anda membutuhkan masing-masing

Tetapi Anda Dapat Mengurangi Waktu ini Jika Anda:

  • Pra-ukur bubuk formula untuk setiap umpan, dan simpan dalam dispenser formula khusus atau bersih, wadah tertutup
  • Rebus air untuk makanan sepanjang hari, tuangkan ke dalam botol yang sudah disterilkan, pasang tutupnya dengan rapat dan simpan botolnya di lemari es Anda, kemudian tambahkan susu formula, kocok dan hangatkan botol saat Anda membutuhkannya, jika bayi Anda tidak suka meminumnya dingin
  • Cari tahu berapa banyak air matang yang perlu Anda tambahkan ke air dingin yang sudah didinginkan dari lemari es untuk mendapatkan jumlah air yang tepat pada suhu minum yang disukai bayi Anda (misalnya, tambahkan 45 ml air matang baru ke 55ml air matang yang didinginkan di sebotol dari kulkas akan memberi Anda 100ml air antara 35 dan 40 derajat C)
  • Sebagian besar susu formula dijual dalam bentuk susu bubuk kering, dikemas dalam kaleng. Anda membuat formula dengan menambahkan sendok bubuk susu kering ke air yang didinginkan dan dididihkan.

Beberapa merek tersedia dalam sachet yang sudah diukur sebelumnya yang mengandung jumlah formula yang tepat untuk satu umpan. Ini bisa sedikit lebih mahal, tetapi bermanfaat saat Anda bepergian atau ketika Anda ingin memastikan bahwa umpan dibuat secara akurat. Anda juga dapat membeli susu formula yang sudah jadi, yang harganya lebih mahal, tetapi sangat berguna ketika Anda keluar untuk hari itu atau berlibur.

One Response to Ketahui Jenis Susu Formula Bayi dan Cara Memilih Susu Bayi yang Baik

  1. […] Baca Juga: Ketahui jenis susu bayi yang baik dan cara memilih susu yg baik dan sehat […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *