Tips Sehat Ibu Hamil Saat Puasa

Tips Sehat Ibu Hamil Saat Puasa

Tips Sehat Ibu Hamil Saat Puasa

DOHA: Nutrisi selama kehamilan memainkan peran penting dalam kesehatan ibu dan bayi. Karena itu sangat penting bagi wanita hamil yang berpuasa untuk mengetahui cara berpuasa dengan aman, kata seorang ahli.

Dehidrasi

Wanita yang menderita muntah terus-menerus dan kehilangan cairan selama bulan-bulan awal kehamilan, disarankan untuk tidak berpuasa. Sebab hal ini dapat mengakibatkan dehidrasi parah. Kata Ghazi Daradkeh, Pengawas Nutrisi di Hamad Medical Corporation.

Namun tubuh wanita hamil menyesuaikan diri dengan pengalaman unik saat puasa. Jadi jika tubuhnya mengandung cukup banyak energi maka puasa tidak berdampak negatif padanya,” jelas Daradkeh.

Wanita Hamil Harus Menjalani Pemeriksaan Medis Sebelum Berpuasa

Ahli gizi menjelaskan bahwa wanita hamil harus menjalani pemeriksaan medis sebelum berpuasa. Hal ini untuk memastikan mereka bebas dari masalah kesehatan umum seperti gula darah tinggi dan tekanan darah tinggi.

Jika dokter mereka memang memberikan izin untuk berpuasa selama bulan Ramadhan.

  • Wanita hamil harus menghindari stimulan seperti kopi, teh dan minuman ringan untuk mengurangi asupan kafein.
  • Konsumsi makanan yang sehat dan seimbang.
  • Minum air yang cukup, antara delapan ke dua belas cangkir per hari untuk menghindari dehidrasi.
  • Mulai berbuka puasa dengan segelas susu dan beberapa kurma, diikuti oleh berbagai makanan yang mengandung semua kelompok makanan.

Selama Berpuasa Wanita Hamil Harus Makan Makanan Ringan yang Sehat Sebelum Tidur

  • Mereka juga harus makan makanan ringan yang sehat sebelum tidur, yaitu sekitar satu jam setelah sholat Taraweeh.
  • Mengkonsumsi jumlah tepung yang diizinkan dan menjauhkan diri dari lemak jenuh, memiliki protein seperti daging, ayam, ikan, telur dan keju.
  • Memanfaatkan kesempatan untuk makan Sahur, hindari penggunaan bumbu yang berlebihan saat memasak.
  • Makan beberapa kali dalam jumlah rendah bila diizinkan untuk menghindari rasa kenyang.
  • Jauhi makanan berlemak dan kentang goreng untuk menghindari mulas dan kenaikan berat badan.
  • Makan setidaknya dua hingga tiga porsi buah segar setiap hari dan melakukan semacam aktivitas fisik selama setengah jam sehari.

Mengkonsumsi jumlah tepung yang diizinkan dan menjauhkan diri dari lemak jenuh, memiliki protein seperti daging, ayam, ikan, telur dan keju. Memanfaatkan kesempatan untuk makan Suhour, hindari penggunaan bumbu yang berlebihan saat memasak. Makan beberapa kali dalam jumlah rendah bila diizinkan untuk menghindari rasa kenyang. Jauhi makanan berlemak dan kentang goreng untuk menghindari mulas dan kenaikan berat badan. Makan setidaknya dua hingga tiga porsi buah segar setiap hari dan melakukan semacam aktivitas fisik selama setengah jam sehari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *